Senin, 25 Agustus 2014

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Penyakit Maag

Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Penyakit Maag

Di dunia banyak makanan yang enak-enak dan lezat, namun itu semua tentunya tidak akan pernah tercicipi oleh kita semua, apalagi dengan orang yang mempunyai keluhan penyakit maag. Eummzzz

Nah berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai makanan-makanan apa saja yang dilarang oleh orang yang mempunyai keluhan penyakit maag

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas

Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Sakit Maag

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa anda makan, terutama saat sedang menjalankan pengobatan maag untuk membantu mempercepat penyembuhan.

  • Beberapa penelitian menunjukkan,  bahwa omega 3 yang ditemukan dalam ikan berminyak seperti tengiri, sarden, herring dan salmon dapat membantu meredakan radang lambung. Omega 3, adalah merupakan jenis lemak baik yang akan membantu meningkatkan produksi senyawa yang akan melindungi seluruh lapisan bagian pencernaan.
  • Zat Antioksidan juga bermanfaat untuk mengurangi risiko luka lambung, dan juga dapat meredakan gejala sakit maag. Makan sayur dan buah-buahan seperti wortel, kangkung, kubis, brokoli, pepaya, buah kiwi, dan aprikot yang tinggi vitamin C dan betakaroten dapat melindungi lapisan lambung dan usus .
  • Vitamin E yang bisa diperoleh dengan makan-makanan seperti kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari dan minyak kedelai juga dapat membantu meringankan luka lambung .
  •  Beberapa ahli gizi juga menyarankan asupan asam amino, yang merupakan protein yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka lambung pada gejala sakit maag. Anda bisa mendapatkannya dengan makan tempe yang hanya dikukus untuk membantu kesembuhan sakit maag.
  • Meningkatkan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus duodenum. Hal ini karena serat mempromosikan lapisan sehat pelindung musin dalam perut dan usus.
  • Makanan terbaik lain untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus lambung adalah yogurt tanpa lemak.

Hal-Hal Lain Yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Penyakit Maag

 Selain beberapa makanan yang harus harus dihindari diatas, penderita maag juga harus melakukan beberapa tindakan pencegahan lain melalui diet. Lebih baik Makan beberapa kali dengan porsi yang kecil, daripada sekali makan dengan porsi besar. Anda bisa mencoba makan sedikit-sedikit, tiga sampai enam kali setiap hari. Selain itu, hindarilah makan berlebihan. Makanlah dengan santai, tidak terburu-buru. Dengan demikian Anda bisa mengunyah makanan secara perlahan agar benar-benar lembut saat ditelan. Juga, hindarilah stres. Meskipun stres bukan penyebab sakit maag, namun itu adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi dan dapat menunda waktu penyembuhan.

Satu hal lagi mengenai penyakit maag, segera lakukan pengobatan untuk penyakit maag anda jangan terlalu lama dibiarkan dan menganggap sepele penyakit maag. Selain berbahaya untuk kesehatan penyakit maag ini juga dapat menyebabkan kematian. Jagalah tubuh anda sebaik mungkin, hindari makanan yang dapat merugikan kesehatan anda, karena tubuh anda lebih berharga dari makanan walaupun dengan harga yang mahal.

Artikel terkait :    Obat Maag Yang Ampuh
                         Cara Mengobati Penyakit Maag
                         Khasiat Teripang Emas Untuk Penyakit Maag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar