Kamis, 14 Agustus 2014

Penyebab Dan Gejala Penyakit Maag

Penyebab Dan Gejala Penyakit Maag Kronis / Akut

Penyebab Dan Gejala Penyakit Maag ,- Penyebab sakit maag, seperti juga banyak gangguan kesehatan lainnya awalnya adalah kurangnya pemeliharaan kesehatan dengan memberi nutrisi yang tepat untuk tubuh akibat mempunyai kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Normalnya, tubuh manusia mempunyai lapisan lendir pelindung yang dapat melindungi sel-sel lambung dari asam lambung korosif. Sistem pencernaan manusia tidak dirancang untuk mencerna organnya sendiri.

Penyebab penyakit maag yang paling sering ditemui adalah infeksi bakteri yang dsebabkan oleh Helicobacter Pylory. Helicobacter Pylory merupakan nama dari bakteri yang terdapat di perut para penderita penyakit maag. Ketika dibiarkan berlarut-larut Helicobacter Pylori akan mencapai jumlah yang besar dan mereka dapat merangsang sekresi asam lambung yang mengarah ke bisul. Bila ada kenaikan yang berkepanjangan di sekresi asam lambung, maka akan memecah lapisan perut dan inilah menjadi penyebab penyakit maag.

Berikut Penyebab terjadinya Penyakit Maag, antara lain :

  • Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seringkali mengakibatkan iritasi pada lambung. Pemakaian obat dengan dosis tinggi juga dapat mengganggu sistem pencernaan halus sehingga rentan terhadap infeksi menyebabkan peradangan dan akhirnya menjadi penyebab penyakit maag.
  • Alkohol merupakan penyebab terjadinya penyakit maag. Karena seseorang sering mengkonsumsi minuman keras akan mengganggu system pencernaan. Lambung akan sangat rentan dan dalam kondisi yang rapuh dan akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit maag.
  • Stres juga terbukti bisa mengubah keadaan dalam tubuh sehingga membuat lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit maag. Yang sering terjadi dalam tubuh anda ketika sel-sel tubuh anda tidak saling berkomunikasi, sel-sel tubuh bisa berakhir dengan menyerang reaksi imun itu sendiri tanpa menyadarinya. Hal ini disebut disfugsi auto-imun. Penyebab penyakit maag autoimun adalah gangguan komunikasi sederhana antar sel dan disebabkan oleh kekurangan gizi dan faktor gaya hidup
  • Penyebab penyakit maag juga bisa disebabkan oleh makanan berminyak dan berlemak secara berlebihan. Dan penyakit refluks empedu merupakan salah satu penyebab sakit maag. Empedu membantu mencerna lemak hewani . Empedu juga diproduksi di dalam hati dan disimpan di kantong empedu untuk mencegah kontaminasi usus kecil. Jika terjadi kebocoran empedu, hal itu akan memperparah penyakit maag dan menjadi penyakit maag akut.

Faktor umur juga menjadi salah satu penyebab penyakit maag. Bila kita berusia lanjut, dinding lambung kita akan menipis sehingga jauh lebih rentan dibanding orang berusia muda. Sistem kekebalan tubuh juga menurun sehingga anda yang berusia lanjut lebih berisiko terkena penyakit maag.

Berikut gejala-gejala yang terdapat pada penderita penyakit maag, diantaranya :

  • Rasa nyeri di perut dan perut terasa seperti terbakar.
  • Perut terasa kembung dan selalu terus bersendawa.
  • Terasa mual dan ingin muntah.
  • Kurangnya nafsu makan.
  • Selalu cegukan.
  • Diare.

Penyembuhan penyakit maag dapat dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan mengurangi rasa sakit akibat iritasu selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar